Greeting

Selamat datang di Blog Humas SMP Negeri 11 Depok .....
Alamat : Jalan Murbai Komplek Sukatani Permai Kecamatan
Tapos - Kota Depok
Telepon : (021) 874 0148

Visi-Misi

VISI DAN MISI SMP NEGERI 11 DEPOK

VISI:

UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA SERTA PEDULI LINGKUNGAN HIDUP

MISI:

1. Meningkatkan Keunggulan sekolah dalam bidang akademik dan non akademik

2. Meningkatkan prestasi melalui proses belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

3. Meningkatkan profesionalisme guru dalam mendidik.

4. Meningkatkan dedikasi dan kedisiplinan seluruh warga sekolah

5. Meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan kewajiban umat beragama

6. Menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman

7. Mewujudkan Kerjasama yang harmonis antar warga sekolah dan masyarakat

8. Mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan

9. Menciptakan sekolah yang peduli lingkungan melalui 3 R, drainase, dan MCK sehat.

Thursday, April 4, 2013

SMP Negeri 11 Depok Menuju Sekolah Adiwiyata



SMP Negeri 11 Depok Menuju Sekolah Adiwiyata
Oleh
Dra. Ety Kuswandarini, M.Pd (Guru SMPN 11 Depok)
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ADI” dan “WIYATA”. “ADI” mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna. WIYATA mempunyai makna : tempat di mana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jadi, ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna : Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adapun tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata,ada empat indikator dalam penilaian Adiwiyata tahun 2013, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan Lingkungan  berbasis partisipatif. Lalu, pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung Ramah Lingkungan . Nah, sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan tingkat kota Depok Tahun 2010 dan juara 2 Tingkat Provinsi Jawa Barat,  apakah SMPN 11 Depok mampu  mewujudkan sekolah Adiwiyata pada bulan Maret 2013 mendatang ?
Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Dalam pelaksanaannya Kementrian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholder, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah.
Menumbuhkan budaya peduli lingkungan perlu dilakukan sejak dini, berangkat dari kenyataan inilah, sejak 4 tahun belakangan ini, SMPN 11 Depok, menggulirkan Best PracticeOne tree one Student”, yaitu program satu siswa bertanggungjawab terhadap satu tanaman. Program  lingkungan ini ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran siswa untuk melestarikan lingkungan.Hal tersebut dilakukan melalui beberapa  tahap yaitu penanaman, perawatan, dan pemupukan. Yang kesemuanya itu dilakukan oleh siswa dengan penuh kesadaran.
Sudah seharusnya sekolah dijadikan motor penggerak untuk menumbuhkan pendidikan berbasis lingkungan. Tentunya metode-metode pengajarannya disesuaikan dengan sistem yang sudah ada di sekolah, SMPN 11 Depok sudah diajukan ke pusat untuk mengikuti seleksi kegiatan satu ini. Sebagai salah satu program kompetisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan tingkat nasional, salah satu tujuan Adiwiyata tak lain untuk mengurangi dampak negatif efek kerusakan lingkungan di masa mendatang.
Terpilihnya SMPN 11 Depok menuju sekolah Adiwiyata tahun  2013 tak lepas dari komitmen sekolah untuk mengimplementasi kepedulian dan budaya lingkungan di sekolahnya. Memang secara fisik tak ada yang beda ditemukan di sekolah ini, tapi bila ditelusuri ke dalam ternyata ada yang menarik ditemukan. Kepedulian terhadap tanaman di sekitarnya, dengan motto 5 S nya, yang kesemua itu sudah terpatri dalam jiwa siswa sepenuhnya ada 3 B yang menjadi semboyan untuk menuju sekolah adiwiyata 2013, yaitu Be Clean, Be Green dan Be Smart.
Apakah SMPN 11 Depok mampu  mewujudkan sekolah Adiwiyata pada bulan Maret 2013 mendatang ? Jawabannya ada pada diri kita sendiri-sendiri, jika hati kita mau bergerak untuk peduli dengan lingkungan, maka tidak ada yang tidak mungkin. Jika Adiwiyata sudah  kita dapatkan itupun tidak hanya kemenangan yang kita harapkan tapi adanya perubahan perilaku siswa yang mengakar dan membudaya ke hati nurani yang paling dalam dan akhirnya menjadi pembiasaan, yang akan selalu terpatri dalam kehidupannya kelak.  Dan semua ini tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak jadi semua pihak berhak mendapatkan poin plus dari program ini. Mari kita laksanakan apa saja yang menjadi kewajiban kita untuk mewujudkan sekolah kita menjadi sekolah Adiwiyata 2013, dengan 3 M, mulai dari yang kecil, dan mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang.

2 comments:

  1. semangat yang timbul dari kesadaran mencerdaskan anak bangsa, keyakinan akan menuju sekolah adiwiyata akan terwujud seiring dengan semangat untuk menuju kesana. Go go SMPN 19 Depok alat lab dan alat peraga

    ReplyDelete

  2. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444
    Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar 009 jawa timur , Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    ReplyDelete